Iklan atas

Jumat, 01 November 2019

Binuang



                                     BINUANG

Binuang adalah salah satu kecamatan dari beberapa kecamatan yang ada di kab. Tapin. Letaknya berada di antara sungkai(kab.banjar) dan rantau(kab.tapin).

Dinamakan binuang, konon katanya dikota itu dahulu nya ada pohon yang dinamakan orang pohon binuang tepat nya dipasar lama yang sekarang sudah di rubah menjadi bangunan.

Di binuang terdapat maqam-maqam orang yang mulia seperti maqam datu syarifah aminah yang letak nya di pemakaman desa kupang, maqam datu tambal yang letak nya di jalan saka dan masih banyak maqam keramat yang lainya.

Dibinuang juga banyak sekali pendidikan dari pendidikan Paud, TK sampai SMA dan SMK. Dan yang lebih istemewa lagi dibinuang banyak sekali taman pendidikan al qur'an atau TK/TPA,hampir di setiap kampung ada. Dan ponpes nya juga ada yaitu ponpes darul muhibbin yang dipimpin oleh al mukarram K.H. M.Anshory el kariem.

Dibinuang juga terdapat tempat wisata seperti: 
-Gua batuhapu
-Gunung batu
-Danau biru dan lainnya

dan beberapa bangunan olahraga seperti
-Lapangan bola (stodium) balipat
-Lapangan grass track balipat
-Lapangan racing balipat
-Lapangan potsal
-Lapangan tennis indoor & outdoor

Bahkan sebentar lagi akan diresmikan PASAR BARU BINUANG yang bangunan nya cukup luas dan bangunan nya pun sangat indah dan rapi,apalagi pasar nya terletak di antara jalan kota binuang dan jalan tol binuang menjadikan tempat nya dapat dikunjungi dari jalan kota ataupun dari jalan tol nya.

Binuang sering disebut kota batubara karena usaha yang mungkin paling besar disana adalah batubara walaupun banyak juga usaha lainnya seperti kebun kelapa sawit dan lain nya.

Dan binuang juga disebut kota rimpi,karna rimpi adalah makan ciri khas buatan binuang.
Adapun rimpi itu bahan nya terbuat dari pisang yang di panggang di atas bara,hingga warna nya seperti gosong. Namun rasa nya manis dan enak lo....

Sekian sedikit tentang binuang,kalau ingin tau lebih banyak silahkan berkunjung...

Mubarak

CARA ISTINJA DAN PERBUATAN YANG DILARANG WAKTU QADA HAJAT

    CARA MASUK WC & ISTINJA 1. Sebelum masuk WC baca do'a : اللهم اني اعوذ بك من الخبث والخبائث 2. Masuk dengan kaki k...